Translate

Sabtu, 27 Oktober 2018

Perangkat Pengajaran Keaksaraan

Bicara untuk menulis
Penelitian terbaru (Myhill, Jones dan Wilson, 2016; Love and Sandiford, 2016) menyoroti bagaimana dimasukkannya percakapan dialogis tentang menulis memfasilitasi pemahaman siswa.
Percakapan lanjutan tentang bantuan menulis siswa untuk mengembangkan pemahaman tentang pilihan bahasa termasuk kosa kata, struktur tata bahasa, pilihan teks dan presentasi, dan pengaruh pilihan ini dalam teks.
Penelitian yang luas di Fisher, Jones dan Myhill (2010) di ruang kelas menyajikan tiga fase diskrit, ketika dialog berbicara tentang manfaat berpikir dan menulis:
·       Selama pembuatan ide - Apa yang harus saya tulis?
·       Selama latihan lisan - Bagaimana saya harus menulis?
·       Ketika menjadi metakognitif - Bagaimana saya menulis? (Berbicara tentang proses penulisan)
Latihan oral sangat berguna ketika menyoroti perbedaan antara bahasa lisan dan tulisan. Mempraktekkan struktur kalimat dan kosakata dalam domain lisan dapat digunakan untuk membantu membentuk kalimat tertulis. Latihan lisan juga memberi siswa kesempatan untuk membenarkan pemikiran mereka sendiri (Alexander, 2008).
Ketika menggunakan siklus belajar mengajar untuk menulis, akan berguna untuk merencanakan interaksi pembicaraan yang akan terjadi pada setiap tahap. Berlatih secara lisan sangat berguna untuk konstruksi bersama.
Berbicara tentang proses menulis, yaitu, menggunakan strategi metakognitif telah terbukti bermanfaat bagi komposisi penulisan siswa (Fisher, Jones dan Myhill, 2010). Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa siswa yang memantau pemikiran mereka selama tugas lebih termotivasi dan mandiri (Alexander, 2008).
Pertanyaan yang berguna untuk mendorong metakognisi secara tertulis termasuk:
·       Dari mana saya mendapatkan ide saya?
·       Bagian tulisan apa yang saya temukan menantang?
·       Apa yang membantu saya melanjutkan?
·       Bagaimana perasaan saya ketika saya menulis?
·       Apa yang saya pelajari dari tulisan ini?
·       Apa yang bisa saya lakukan secara berbeda?

References
Alexander, R. 2008. Towards Dialogic Teaching: Rethinking Classroom Talk. 4th ed. York: Dialogos.
Fisher, R., Jones, S. J. and Myhill, D. (2010). Using talk to support writing. London: Sage Publications.
Love, K. and Sandiford, C. (2016). Teachers’ and students’ meta-reflections on writing choices: An Australian case study. International Journal of Educational Research, 80, 204 -216.
Myhill, D., Jones, S. and Wilson, A. (2016). Writing conversations: fostering metalinguistic discussion about writing. Research Papers in Education, 31(1), 23-44.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar

DASAR-DASAR BERMAIN DRAMA

I.   PENDAHULUAN Drama adalah kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas dengan media  percakapan(dialog), gerak da...